Home > Cicip

Kuliner yang Pernah Viral di Indonesia, Dulu Dielukan Kini Dilupakan

Kuliner viral di Indonesia selalu menjadi perbincangan hangat di media sosial.

4. Seblak cobek Rafael

Masih dari Jawa Barat, seblak Rafael juga sempat membanjiri linimasa. Disebut seblak Rafael karena yang memviralkannya adalah Rafael personel biyband Sm*sh. Seblak ini terbuat dari kerupuk mawar putih yang direbus dan dicampur dengan beberapa bahan yang diulek seperti cabai, bawang putih, kencur, garam, dan minyak goreng panas. Viralnya seblak ini membuka pintu rezeki baru bagi Rafael. Dia pun mencoba peruntungannya di dunia kuliner dengan membuka bisnis seblak.

5. Gohyong

Meski viral sejak beberapa tahun lalu, gohyong masih digemari hingga kini. Semua bermula dari viralnya kedai gohyong di Menteng, Jakarta Pusat. Setelah itu muncul kedai gohyong baru di Cikini, Jakarta Pusat. Gohyong merupakan makanan perpaduan Betawi dan China mirip siomai yang digoreng. Isiannya yakni daging ayam, udang, telur dengan bumbu bawang putih dan merica yang dicincang halus, kemudian dibungkus kulit tahu hingga berbentuk seperti rollade.

Gulungan itu dikukus, dan setelah dingin barulah digoreng kering. Saat akan disajikan, gohyong diiris melintang serong lalu dilengkapi cuko asam manis dan bagi yang suka pedas bisa ditambahkan irisan cabe rawit.

× Image