Home > Cicip

Kuliner yang Pernah Viral di Indonesia, Dulu Dielukan Kini Dilupakan

Kuliner viral di Indonesia selalu menjadi perbincangan hangat di media sosial.
Pembeli mengantre untuk membeli odading Mang Oleh di Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (17/9/2020). Odading Mang Oleh menjadi salah satu kuliner yang pernah viral di Indonesia. (Dok. Republika/Yogi Ardhi)
Pembeli mengantre untuk membeli odading Mang Oleh di Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (17/9/2020). Odading Mang Oleh menjadi salah satu kuliner yang pernah viral di Indonesia. (Dok. Republika/Yogi Ardhi)

LEISURIAN.ID, JAKARTA -- Dunia kuliner menjadi salah satu bidang yang selalu menarik perhatian. Saat ada tren kuliner viral di media sosial (medsos), masyarakat biasa berbondong-bondong memenuhi penjual kuliner tersebut. Berikut ini beberapa kuliner yang pernah viral di Indonesia, mana nih yang pernah kamu coba?

1. Odading Mang Oleh

Salah kudapan dari Bandung, Jawa Barat, odading, sempat menjadi primadona pada 2020. Semua ini berawal dari video viral milik Ade Londok. Dia memberikan ulasan mengenai makanan itu dengan cara tidak lazim. Alhasil videonya pun menjadi trending di medsos.

Gerobak dagangan odading Mang Oleh diserbu orang-orang yang penasaran dengan rasanya. Ade Londok bahkan sempat diundang oleh stasiun TV untuk diwawancara atau pun menjadi bintang tamu acara program TV. Namun kini pamor odading Mang Oleh meredup. Kuliner yang dulu dielu-elukan perlahan dilupakan.

2. Es kepal milo

Es kepal milo viral di Indonesia pada 2018. Kala itu, banyak pedagang dadakan yang menjual es kepal milo. Popularitas es kepal milo sebenarnya berawal dari Malaysia pada 2017. Masifnya penggunaan medsos membuat "nama" es kepal milo meluas ke Indonesia. Pada 2028, di kanan dan kiri jalan banyak kita jumpai penjual es kepal milo.

Menu es kepal milo terbuat dari bahan sederhana yakni es serut, milo bubuk, kental manis, cokelat bubuk, dan toping sesuai selera. Dilihat dari bahan pembuatannya, sudah jelas rasa es kepal milo amat manis. Dulu, es kepal milo dijual mulai dari harga Rp 5 ribu. Kini, sudah jarang dijumpai penjual es kepal milo di sekitar kita.

3. Natto

Natto merupakan makanan khas dari Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Makanan ini banyak dijual di supermarket Indonesia. Rasanya yang "unik" membuat tidak semua orang menyukainya. Biasanya natto dikemas dalam bungkusan kecil. Sebelum dimakan, kita disarankan untuk mengaduknya hingga berbuih dan berlendir. Lendir inilah yang membuat natto kurang cocok di lidah sebagian masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Apa Itu Milk Bun, Kuliner Viral yang Bikin Orang Rela Jastip Hingga ke Thailand?

Nomor 4...lanjutkan membaca>>

× Image