Home > Ekspresi

Film Oppenheimer Borong Penghargaan Oscar, Termasuk Film Terbaik

Film Oppenheimer meraih penghargaan kategori Film Terbaik Oscar 2024.
Kru film Oppenheimer di atas panggung Academy Awards ketika menerima penghargaan Oscar kategori Film Terbaik. (DOK. EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN)
Kru film Oppenheimer di atas panggung Academy Awards ketika menerima penghargaan Oscar kategori Film Terbaik. (DOK. EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN)

LEISURIAN.ID, JAKARTA -- Film Oppenheimer memenangkan 7 penghargaan dalam ajang Academy Awards yang diselenggarakan di Dolby Theatre di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada Ahad (10/3/2024) waktu setempat. Ke-7 penghargaan tersebut yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Best Original Score.

Oppenheimer menutup malam Academy Awards dengan meraih penghargaan kategori FIlm Terbaik pada Oscar 2024. Yang menarik, sutradara Oppenheimer Christopher Nolan serta dua pemain Cillian Murphy dan Robert Downey Jr, mendapatkan penghargaan Oscar untuk pertama kalinya pada malam itu. Film Oppenheimer memperoleh 13 nominasi utama dan telah menghasilkan hampir 1 miliar dolar AS atau Rp 15,5 triliun di seluruh dunia.

BACA JUGA: Fakta Dragon Ball yang Sering Disalahartikan Penonton

Di atas panggung, Nolan berterima kasih atas penghargaan tersebut. “Kami tidak tahu ke mana arah perjalanan luar biasa ini selanjutnya. Tetapi mengetahui bahwa kalian 'menganggap' saya, ini hal yang sangat berarti bagi saya," ujarnya dikutip dari laman abc7chicago.

Nolan mengalahkan Jonathan Glazer dari film The Zone of Interest, Yorgos Lanthimos dari Poor Things, Martin Scorsese dari Killers of the Flower Moon, dan Justine Triet dari Anatomy of a Fall.

Berikut ini daftar lengkap 7 penghargaan yang diraih film Oppenheimer di Academy Awards:

Film Terbaik: Oppenheimer

Aktor Utama Terbaik: Cillian Murphy

Aktor Pendukung Terbaik: Robert Downey Jd

Aktris Pendukung Terbaik: Emily Blunt

Sinematorgrafi Terbaik: Hoyte van Hoytema

Sutradara Terbaik: Christopher Nolan

Penyuntingan Film Terbaik: Jennifer Lame

Best Original Score: Ludwig Goransson

× Image