Home > Ekspresi

Berkat Oppenheimer, Cillian Murphy dan Robert Downey Jr Raih Piala Oscar Pertamanya

Cillian Murphy dan Robert Downey Jr menang kategori Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik.
Dari kiri ke kanan: Cillian Murhy, Robert Downey Jr, dan Christopher Nolan. Ketiganya meraih Piala Oscar pertamanya di Academy Awards 2024 lewat film Oppenheimer. (DOK. EPA-EFE/ALLISON DINNER)
Dari kiri ke kanan: Cillian Murhy, Robert Downey Jr, dan Christopher Nolan. Ketiganya meraih Piala Oscar pertamanya di Academy Awards 2024 lewat film Oppenheimer. (DOK. EPA-EFE/ALLISON DINNER)

LEISURIAN.ID, JAKARTA -- Kemenangan film Oppenheimer di Academy Awards 2024 menyorot perhatian publik. Bagaimana tidak, selain memboyong 7 penghargaan, Oppenheimer juga membawa ketiga "bintang"-nya mendapatkan Piala Oscar pertamanya. Mereka adalah Cillian Murphy yang menang kategori Aktor Terbaik, Robert Downey Jr sebagai Aktor Pendukung Terbaik, dan Christopher Nolan sebagai Sutradara Terbaik.

Dalam pidato kemenangannya, Cillian Murphy berterima kasih kepada seluruh lawan main serta keluarganya. Dia mendedikasikan kemenangannya untuk perdamaian dunia.

Mengenai film Oppenheimer, Murphy pernah mengatakan bahwa itu bukan film biografi biasa. "Itu membuatmu berpikir. Penonton bisa memilih untuk memikirkan era nuklir yang kita jalani, atau mereka bisa memilih untuk tidak memikirkan hal tersebut. Dan menurut saya film ini mungkin mempengaruhi pilihan tersebut," ujarnya dikutip dari laman abc7chicago, pada Senin (11/3/2024).

Di nominasi Aktor Terbaik, Murphy mengungguli kandidat lainnya yakni Colman Domingo di film Rustin, Bradley Cooper untuk film Maestro, Paul Giamatti untuk The Holdovers, dan Jeffrey Wright untuk American Fiction.

Robert Downey Jr memberikan ucapan terima kasih tak biasa di atas panggung Academy Awards atas kemenangannya. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masa kecil saya yang buruk," kata dia.

BACA JUGA: Film Oppenheimer Borong Penghargaan Oscar, Termasuk Film Terbaik

Sementara itu, Christopher Nolan berterima kasih atas penghargaan tersebut. “Kami tidak tahu ke mana arah perjalanan luar biasa ini selanjutnya. Tetapi mengetahui bahwa kalian 'menganggap' saya, ini hal yang sangat berarti bagi saya," ujarnya. Nolan mengalahkan Jonathan Glazer dari film The Zone of Interest, Yorgos Lanthimos dari Poor Things, Martin Scorsese dari Killers of the Flower Moon, dan Justine Triet dari Anatomy of a Fall.

Di malam penghargaan Academy Awards 2024, film Oppenheimer total meraih 7 penghargaan. Ke-7 penghargaan tersebut yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Best Original Score.

× Image