Home > Ekspresi

Muncul Rumor Film Avatar 3 Berdurasi 9 Jam, Sutradara Buka Suara

Sutradara Avatar 3, James Cameron, buka suara mengenai rumor film berdurasi 9 jam.
Film Avatar 3 (ilustrasi). Muncul rumor bahwa film Avatar 3 akan berdurasi 9 jam. Namun hal ini dibantah oleh sang sutradara, James Cameron. (Dok. 20th Century Studios)
Film Avatar 3 (ilustrasi). Muncul rumor bahwa film Avatar 3 akan berdurasi 9 jam. Namun hal ini dibantah oleh sang sutradara, James Cameron. (Dok. 20th Century Studios)

LEISURIAN.ID, JAKARTA -- Di kalangan pencinta film, beredar rumor bahwa film Avatar 3 yang berdurasi 9 jam mengalami pemangkasan. Mengenai kabar tersebut, sutradara film Avatar 3, James Cameron, buka suara. Dia membantahnya.

Cameron mengonfirmasi, tidak pernah ada potongan Avatar 3 yang berdurasi sembilan jam, seperti rumor yang beredar. Dia menjelaskan bahwa pernyataannya terkait film tersebut disalahartikan. Yang dia maksud sebenarnya adalah film Avatar 3, Avatar 4, dan Avatar 5 mewakili total durasi 9 jam, dengan setiap film berdurasi sekitar tiga jam.

"Entah bagaimana itu berubah menjadi 9 jam. Bisakah Anda bayangkan? (Jika itu benar), dia (produser Avatar 3 Jon Landau) akan menembak saya," kata Camerondikutip dari laman Screen Rant, Sabtu (17/2/2024).

BACA JUGA: Selain Agak Laen, Ini Film Komedi Indonesia dengan Penonton Terbanyak di Bioskop

Ide pemotongan Avatar 3 berdurasi sembilan jam dengan efek visual penuh tidak pernah masuk akal dari sudut pandang bisnis. Pasalnya proses pembuatan film dan pascaproduksi film Avatar 3 panjang dan mahal.

Film Avatar 3 melanjutkan kisah Jake (Sam Worthington), Neytiri (Zoe Saldaña), dan keluarga baru mereka. Film Avatar 2 yang tayang di bioskop pada Desember 2022 sukses besar di box office dan memastikan bahwa waralaba Avatar akan berlanjut dengan tiga seri tambahan.

Avatar 2 atau Avatar: The Way of Water berdurasi 3 jam 12 menit. Pembuatan film ini memakan waktu bertahun-tahun, dengan produksi awal dimulai pada 2017. Karena film yang kaya efek visual, proses pascaproduksi film itu pun benar-benar memakan waktu bertahun-tahun, jauh lebih lama daripada rata-rata blockbuster beranggaran besar. Dikutip dari Variety, anggaran Avatar: The Way of Water juga sangat besar yaitu sekitar 460 juta dolar AS atau Rp 7,2 triliun.

BACA JUGA: Film Terbaik Shah Rukh Khan dengan Rating Tertinggi, Ada yang Capai 100 Persen

× Image