Home > Desas Desus

5 Alasan RM BTS Layak Dinobatkan Sebagai Leader Terbaik Grup K-Pop

Setidaknya ada 5 hal yang membuat RM BTS layak dinobatkan sebagai leader terbaik grup K-pop.
Grup K-pop BTS. RM BTS (paling kanan) dinilai layak dinobatkan sebagai leader terbaik grup K-pop. (Dok. BigHit)
Grup K-pop BTS. RM BTS (paling kanan) dinilai layak dinobatkan sebagai leader terbaik grup K-pop. (Dok. BigHit)

LEISURIAN.ID, JAKARTA -- Hampir di setiap grup K-pop memiliki seorang leader. Di grup BTS, RM, dipercaya sebagai leader.

Pemilihan leader di setiap grup K-pop tidak sembarangan. Pihak agensi biasanya mempertimbangkan banyak sebelum akirnya menunjuk seorang idol sebagai leader.

Predikat leader yang disematkan kepada RM dinilai sangat tepat. Bahkan tak jarang penggemar K-pop menyebut bahwa RM BTS adalah salah satu leader terbaik yang pernah ada.

Kira-kira kenapa ya RM masuk jajaran leader terbaik grup K-pop? Dikutip laman Republika.co.id pada akhir 2023, disebutkan bahwa RM telah menunjukkan kepemimpinan luar biasa dan mampu bekerja sama dengan member BTS lainnya melewati banyak tantangan.

Berikut ini 5 alasan RM menonjol sebagai salah satu leader paling efektif dan inspiratif di dunia musik kontemporer, dikutip dari situs Allkpop:

1. RM menyeimbangkan ketegangan

RM adalah leader yang hebat. Dia bisa menenangkan permasalahan yang terjadi di internal maupun eksternal grup. Selain itu, dia tidak takut untuk mengatasi apa yang perlu ditangani. Hal ini terlihat dari berbagai siaran live yang dia lakukan. Di tengah banyaknya asumsi tentang BTS, RM sigap menyebarkan segala hal yang salah atau disalahartikan.

2. Jika ada masalah, RM BTS tidak takut untuk berkonfrontasi dan berkomunikasi

Dunia hiburan Korea Selatan penuh dengan tekanan. Hal tersebut diperparah dengan jam tidur yang kurang dan jadwal BTS yang padat berpotensi membuat member sedikit sensitif. Namun alih-alih membiarkan emosi para member BTS menguasai diri mereka, RM justru mampu membantu para anggotanya dengan tenang menjelaskan dan mendiskusikan apa yang mereka alami.

Pria bernama asli Kim Namjoon ini menyediakan platform untuk berdiskusi dan menyelesaikan masalah apa pun yang terjadi. Bagaimanapun, semua orang tahu bahwa salah satu kualitas terbesar yang dimiliki seorang pemimpin adalah transparansi dan RM jelas merupakan orang yang terbuka untuk menyelesaikan semua masalah.

BACA JUGA: Agensi BTS, Hybe, Dikabarkan Bakal Ambil Langkah Lain untuk Akuisisi SM Entertainment

3. RM tidak pernah menonjolkan dirinya di hadapan para member

RM memiliki kepribadian yang tidak mementingkan dirinya sendiri. Bahkan, ketika menghadiri upacara penghargaan, penggemar sering melihat RM berdiri di belakang para member dan memberikan kesempatan sama bagi yang lain naik ke panggung.

Sejak awal debut selama program variety bernama "4 Things", ada lelucon kamera tersembunyi di mana anggota tersebut ditanya apakah lebih suka debut sebagai solo atau dalam grup. Tanpa ragu, RM memilih BTS dibandingkan berkarier solo.

4. RM punya keahlian khusus dalam berbicara

Dia berbicara dengan fasih dengan tenang. Bukan hanya kata-katanya, fans BTS (Army) pasti akan kagum pada seberapa baik dia berbicara.

5. RM tak hanya pandai berbicara, tapi juga komunikator hebat

Komunikasi adalah kuncinya, dan RM melakukan ini dengan sempurna. Baik dalam bahasa Inggris, Korea, atau Jepang, antara pewawancara dan grup, atau perusahaan dan grup Bahkan di antara para anggota, RM melakukan yang terbaik untuk mengomunikasikan segalanya.

× Image