Home > Ekspresi

Tak Disangka, 5 Aktor Terkenal Ini Nyaris Perankan Batman Tapi Gagal

Mungkin belum banyak yang tahu 5 aktor terkenal nyaris berperan sebagai Batman namun gagal karena berbagai alasan.
Karakter superhero Batman. Ada beberapa aktor terkenal yang nyaris memerankan Batman tapi gagal. (Dok. Warner Bros).
Karakter superhero Batman. Ada beberapa aktor terkenal yang nyaris memerankan Batman tapi gagal. (Dok. Warner Bros).

LEISURIAN.ID, JAKARTA -- Batman menjadi salah satu karakter terfavorit di kalangan pencinta film superhero. Tak heran, film Batman mampu meraup banyak penonton ketika tayang di bioskop. Terhitung sejak 1960-an, ada 10 orang aktor yang telah mengenakan jubah Batman di layar lebar. Namun tak disangka, banyak juga beberapa aktor yang nyaris berperan sebagai Batman tapi "gagal".

Mereka yang pernah menjadi Batman di antaranya Adam West, Michael Keaton, Kevin Conroy, Val Kilmer, George Clooney, Christian Bale, Ben Affleck, dan Robert Pattinson. Sementara itu, dikutip dari laman MovieWeb, ada deretan aktor ternama yang pernah berpartisipasi dalam casting untuk peran Batman tetapi belum berhasil.

Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya seperti dilansir Republika.co.id:

1. Jake Gyllenhaal

Aktor Jake Gyllenhaal sempat bersaing dengan Christian Bale untuk memerankan Batman dalam film trilogi The Dark Knight karya sutradara Christopher Nolan. Meski tak berhasil mendapatkan peran tersebut, saudara perempuan Gyllenhaal yaitu Maggie berkesempatan untuk memerankan karakter Rachel Dawes dalam film The Dark Knight menggantikan Katie Holmes.

2. Cillian Murphy

Aktor Cillian Murphy juga pernah dipertimbangkan menjadi pemeran Batman dalam trilogi The Dark Knight. Peran ini tak jatuh ke tangan Murphy karena Nolan menilai Bale memiliki keseimbangan yang lebih pas untuk memerankan Batman.

Meski begitu, Nolan menawarkan peran Scarecrow untuk Murphy. Penilaian Nolan ternyata tidak salah karena Murphy menunjukkan performa yang gemilang sebagai Scarecrow dalam film trilogi Batman garapan Nolan.

3. Heath Ledger

Siapa sangka, Heath Ledger juga sempat dipertimbangkan oleh Nolan untuk memerankan Batman dalam trilogi film The Dark Knight Series. Akan tetapi, Nolan lalu merasa bahwa Ledger kurang cocok untuk peran tersebut.

Sebagai gantinya, Nolan mendapuk Ledger sebagai The Joker dalam film The Dark Knight. Keputusan Nolan ini juga berbuah manis karena Ledger berhasil menjadi salah satu aktor pemeran Joker yang sangat ikonik.

4. Joaquin Phoenix

Warner Bros pernah memiliki proyek film berjudul Batman: Year One dan menggandeng Darren Aronofsky sebagai penulis naskah. Film ini menghadirkan sisi kelam Batman dengan alur cerita berbeda. Aktor Joaquin Phoenix diberi kepercayaan untuk memerankan Batman dalam film ini. Sayangnya, proyek ini tak pernah terwujud.

5. Josh Brolin

Aktor Josh Brolin sempat ditawari peran Batman untuk film Batman v Superman: Dawn of Justice. Meski peran tersebut jatuh ke tangan Ben Affleck, banyak orang menilai bahwa Brolin juga bisa memerankan karakter Batman dengan sangat baik. Alasannya, sang aktor berhasil menuai kesuksesan dalam beragam film superhero lain, termasuk dalam waralaba film Avengers dengan perannya sebagai Thanos.

× Image