Home > Ekspresi

Film Horor dengan Jumpscare Terbaik dan Fenomenal Sepanjang Masa

Ada beberapa film horor yang memiliki adegan jumpscare terbaik dan fenomenal sepanjang masa dan dikenang hingga saat ini.
Salah satu adegan di film horor Insidious. Ada beberapa film horor yang memiliki adegan jumpscare terbaik. Salah satunya Insidious pertama yang rilis pada 2010. (Dok. Blumhouse/Film District)
Salah satu adegan di film horor Insidious. Ada beberapa film horor yang memiliki adegan jumpscare terbaik. Salah satunya Insidious pertama yang rilis pada 2010. (Dok. Blumhouse/Film District)

LEISURIAN.ID. JAKARTA -- Salah satu komponen terpenting dari film horor adalah kemampuan untuk membangun rasa takut di benak penonton. Perasaan takut di film horor kebanyakan ditimbulkan dari adegan jumpscare.

Serangan yang tiba-tiba terhadap indra penonton terkadang dapat dilihat sebagai trik "receh" untuk mengagetkan, namun juga dapat digunakan untuk menyempurnakan film dan meninggalkan kesan mendalam. Berikut ini beberapa film horor fenomenal yang memiliki banyak adegan jumpscare, seperti dilansir laman Collider, Sabtu (3/2/2024):

1. The Exorcist III (1990)

Salah satu adegan di film horor The Exorcist III. (Dok. Warner Bros)
Salah satu adegan di film horor The Exorcist III. (Dok. Warner Bros)

The Exorcist yang tayang pada 1973 dianggap sebagai salah satu film horor paling menakutkan sepanjang masa. Film tersebut mampu mengganggu penonton pada tingkat yang mendalam, tetapi tidak menimbulkan banyak ketakutan.

Sementara itu, film The Exorcist III tayang pada tahun 1990. Film ini berkisah tentang seorang petugas polisi yang menyelidiki seorang pembunuh berantai yang dikenal sebagai The Gemini Killer. Saat dia digiring untuk menanyai pasien di bangsal psikiatri, dia mengungkap lebih banyak hal daripada dirinya yang mungkin tak pernah terpikirkan.

Meskipun The Exorcist III hanya menerima ulasan yang beragam setelah dirilis, film ini dipandang sebagai sesuatu yang klasik. Ini juga berisi banyak momen menakutkan, termasuk adegan lorong menakutkan yang mengarah ke salah satu jumpscare paling dahsyat dalam sejarah horor.

2. Annabelle: Creation (2017)

Salah satu adegan di film horor Annabelle: Creation. (Dok. Warner Bros)
Salah satu adegan di film horor Annabelle: Creation. (Dok. Warner Bros)

Boneka telah lama menjadi sumber teror sinematik yang mengerikan. "Mainan gila" dari waralaba The Conjuring, Annabelle, adalah salah satu yang paling menakutkan. Film horor terbaiknya muncul di Annabelle: Creation, judul film kedua yang menjadi kisah prekuel/asal-usul boneka tersebut.

Film ini mengisahkan pembuat boneka dan istrinya saat mereka memasukkan jiwa putri mereka yang telah meninggal ke dalam boneka tersebut. Ini merupakan sebuah keputusan besar. Konsekuensi drastis mereka alami hingga kemudian menerima seorang biarawati dan enam gadis yatim piatu.

Dengan bijak memanfaatkan boneka menyeramkan sebagai inti film, Annabelle: Creation memancarkan ketegangan menakutkan yang meresap sepanjang film. Film ini kental dengan atmosfer ketakutan dan banyak jumpscare yang mendefinisikan pengalaman menonton. Annabelle: Creation masih menjadi salah satu entri paling menakutkan dalam waralaba horor dan merupakan film terbaik yang pernah diproduksi di luar dua film asli The Conjuring.

3. Lights Out (2016)

Salah satu adegan di film horor Lisght Out. (Dok. Warner Bros)
Salah satu adegan di film horor Lisght Out. (Dok. Warner Bros)

Sebuah film horor yang secara teknis patut dicontoh, Lights Out, adalah film kerasukan setan tahun 2016 yang memadukan sensasi fantastis dengan penampilan kuat dan cerita yang solid tentang drama keluarga. Film ini memuat cerita tentang Rebecca (Teresa Palmer) ketika dia menyadari ibunya telah dirasuki oleh entitas spiritual yang berburu dalam kegelapan. Dia terpaksa mengambil tindakan ketika serangkaian pembunuhan terjadi dan keselamatan saudara tirinya terancam oleh serangkaian peristiwa aneh.

Dengan durasi 77 menit yang sangat tajam, film horor Lights Out tayang dengan kecepatan tepat dalam mencapai semua titik plot utama yang diperlukan. Hal ini tentu saja menimbulkan banyak ketakutan karena penggunaan kegelapan dan gambar menyeramkan yang dilakukan oleh Light Out cukup cerdik. Alhasil tercipta pengalaman menonton yang menggetarkan penonton, bahkan para penggemar horor paling keras sekalipun.

4. Drag Me to Hell (2009)

Salah satu adegan di film horor Drag Me to Hell. (Dok. Universal Pictures)
Salah satu adegan di film horor Drag Me to Hell. (Dok. Universal Pictures)

Sutradara Sam Raimi terkenal dengan warisan film horor The Evil Dead dan sekuel-sekuelnya. Namun film horor Drag Me to Hell yang tayang pada 2009 sama menakutkannya.

Film ini menegaskan kembali bahwa Raimi ahli memadukan horor dan komedi dan Raja Jumpscare. Film Drag Me to Hell mengisahkan tokoh Christine (Alison Lohman), seorang petugas pinjaman yang mendapat kutukan ketika mengusir seorang wanita tua dari rumahnya. Putus asa untuk terbebas dari ancaman kutukan abadi, dia dan pacarnya mengunjungi seorang peramal untuk mencari cara untuk mematahkan kutukan tersebut.

Seperti yang sering terjadi pada film horor Raimi, Drag Me to Hell benar-benar menakutkan dan berjalan dengan cerita yang cerdas dan tajam. Film ini adalah contoh utama betapa efektifnya horor dengan rating PG-13 jika dieksekusi dengan baik.

5. Insidious (2010)

Salah satu adegan di film horor Insidious. (Dok. Blumhouse/Film DIstrict)
Salah satu adegan di film horor Insidious. (Dok. Blumhouse/Film DIstrict)

Dari tangan dingin sutradara horor legendaris, James Wan, film Insidious sukses besar. Film ini berkisah tentang sebuah keluarga yang pindah ke rumah baru yang terganggu ketika putra mereka mengalami koma. Serangkaian peristiwa paranormal yang aneh mulai terjadi.

Setelah berbulan-bulan kondisi putra mereka tidak membaik, Renai (Rose Byrne) dan Josh (Patrick Wilson) meminta bantuan penyelidik paranormal yang mengungkapkan bahwa anak tersebut memiliki kemampuan untuk perjalanan astral. Anak telah berkelana ke alam neraka yang disebut The Further di mana jiwa orang mati yang tersiksa berada.

Saat keluarga tersebut mengalami banyak pertemuan supernatural yang menakutkan di rumah, ada banyak ketakutan yang intens di seluruh Insidious. Insidious telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu film dengan jumpscare terbaik dan paling tak terduga dalam sejarah horor.

× Image